Translate

Jumat, 27 Maret 2015

Merasakan Masa Kejayaan Kerajaan Aceh dengan Taman Putro Phang



Selamat datang kembali teman, setelah sekian lama gue ga ngepos karena kesibukan gue di dunia nyata. Tapi gak masalah yang penting kalian tetap setia dengan blog gue. Setelah sebelumnya gue ngebahas tentang Museum Tsunami Aceh, kali ini gue bakal ngebahas tempat wisata di Aceh lagi nih sob, yakni Taman Putro Phang, bagaimana? indah tidak? Oke cekidot!!

Taman Putro Phang ini juga dulunya merupakan salah satu tempat di dalam komplek Istana Darud Dunya (Istana Kerajaan Aceh Darussalam). Taman ini sendiri dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk Permaisurinya Putro Phang yang berasal dari Kerajaan Pahang, tujuan dibangun taman ini adalah karena sang permaisuri merasa rindu dengan tanah kelahirannya yang banyak dikelilingi pegunungan, sehingga nama bangunan disalah satu komplek taman ini ialah Gunongan (gunungan).

Komplek kerajaan dengan taman ini terhubung dengan Pinto Khop yaitu gerbang kecil berbentuk kubah. Disitulah Putro Phang beristirahat setelah berenang, letaknya tidak jauh dari gunongan, disitulah dayang-dayang membasu rambut sang permaisuri. Ditaman ini juga ada kolam untuk sang permaisuri keramas dan mandi bunga.

Luas Taman Putro Phang ialah seluas 1000 depa (1,5 km persegi). Menurut beberapa sejarah, dahulu sebelum kerajaan Aceh diserang oleh pihak Belanda di Taman ini terdapat miniatur sungai, air terjun, pantai, balai, tebing, kolam, dan tanjung, dibayangin saja akan terasa indahnya, apalagi jika sampai sekarang itu semua masih lengkap. Bahkan dari sumber sejarah disebutkan bahwa dahulunya taman ini mencakup gunongan beserta Kandang Baginda (Makam Iskandar Tsani, dan Sultan Safiatuddin), keseluruhan taman putro phang, sebagian peucot kherkoff, makan Sultan Iskandar Muda, Kandang Meuh, Kandang 12, Tamansari, dan Museum Tsunami juga.

Untuk masa sekarang ini bagi anak Muda Banda Aceh, Taman Putro Phang digunakan sebagai tempat berkreatifitas, bahkan taman ini juga bisa selayaknya Taman Kota, tempat rekreasi yang murah meriah.

Gimana menurut kalian? tertarik? ditunggu kedatangannya.

5 komentar: