Translate

Kamis, 12 Maret 2015

Greatness of Aceh



Aceh atau yang biasa dikenal dengan Nanggroe Aceh Darussalam, sebuah provinsi yang ada dibagian paling barat pulau Sumatera sekaligus Indonesia. Aceh yang disaat 26 Desember 2004 diguncangkan dengan gempa bumi 9.1 skala ritcher dengan tsunami yang hampir menenggelamkan seluruh Aceh. yang mungkin jadi pertanyaan kalian adalah, kenapa kali ini gue mau ngebahas Aceh?

Aceh tanah kelahiranku selaku penulis blog ini akan menceritakan bagaimana kehebatan budaya Aceh yang tidak pernah luntur sepanjang masa, bahkan setelah ditimpa tsunami, tidak henti-hentinya Aceh menunjukan kehebatan budayanya bahkan sampai ke kancah Internasional seperti Tarian Saman, Tarian Ranup Lampuan, Tarian Rapai Geleng, dan masih banyak yang lainnya.

Aceh yang kaya akan budaya daerahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pendatang baik lokal maupun luar daerah bahkan pendatang luar negeri. Seperti dalam foto diatas yang merupakan tarian rapai geleng yang mengandalkan gerakan kepala dan memainkan alat musik yang disebut rapai.

Aceh yang diluluh lantakkan akan bencana tsunami yang membuat korban tewas mencapai 283.100, 14.000 orang hilang dan 1,126,900 kehilangan tempat tinggal. yang membuat orang-orang dalam keadaan sangat panik, saat itu Aceh diluluh lantakan bagai telah rata dengan tanah, sungguh peristiwa yang tragis, serta memilukan.

Akan tetapi hal tersebut tidak membuat Aceh jatuh terpuruk, malahan membuat Anak-anak Aceh menjadi anak yang membanggakan yang telah membawa Aceh ke kancah Internasional, tidak hanya dengan budaya, tetapi juga dengan bidang-bidang akademi maupun non akademik lainnya. Gue selaku warga Aceh merasa bangga.

Sekarang masih banyak peninggalan-peninggalan tsunami yang masih bisa disaksikan seperti kapal PLTD Apung, dan juga banyak bukti-bukti tsunami di Museum Tsunami aceh yang dibangun dengan sangat Indah dan Megah.

Bagi kalian yang ingin menyaksikan peninggalan Tsunami Aceh bisa ke Aceh langsung, dan tetap jaga budaya daerah kalian masing-masing, karena budaya daerah kita sendiri lah yang membuat daerah kita menjadi unik dan berbeda bukan menjadi pengikut budaya orang.

Sekian dulu, terima kasih sudah mau membaca
Assalamu'alaikum

2 komentar: